masalah aki mobil

Aki Soak Sebaiknya Ganti Baru atau Dicharge

Salah satu komponen penting bagi sebuah mobil adalah aki. Ia berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi listrik yang disalurkan melalui alternator. Jika aki soak sebaiknya langsung ganti baru? Jangan buru-buru ganti. Mari cari tahu dulu apa masalah aki mobil yang sedang dialami.

Boleh di-charge-kah aki mobil

Sangat menjengkelkan bila saat distarter, mobil justru tidak menyala. Apalagi jika sedang terburu-buru dan mendesak. Umumnya pikiran akan langsung tertuju pada aki mobil.

 

Masalah yang sangat sering terjadi terhadap aki biasanya adalah menurunnya daya listrik yang disalurkan. Hal ini mengakibatkan pemilik kendaraan terpaksa buru-buru menambah daya dengan cara mengisi aki.

 

Apakah boleh aki soak di-charge? Hal ini sebenarnya tidak dilarang. Namun, perlu diketahui bahwa kinerja aki tidak lagi seperti semula dan tidak lama.

 

Cara Merawat Aki Mobil

Sebagai pemilik mobil, ada baiknya memiliki pengetahuan tentang aki mobil serta cara merawatnya. Hal ini berguna untuk menghindari kesalahan penanganan terhadap aki.

  • Kenali jenis aki yang digunakan, kering atau basah.
  • Cek kondisi aki secara berkala untuk menjaga kestabilan. Untuk mengeceknya dapat menggunakan battery load teste
  • Jangan lupa periksa terminal aki. Apabila klep-nya berkarat, segeralah bersihkan dengan cara disikat menggunakan air panas. Karat dapat menghambat aliran arus yang dihasilkan.
  • Mobil perlu dipanaskan secara berkala jika tidak dipakai. Mobil yang tidak dipakai dapat menyebabkan daya pada aki juga menurun.
  • Jangan memakai aksesoris mobil yang berlebihan. Seperti menyalakan AC mobil, tape, lampu secara bersamaan pada saat mesin mobil tidak dinyalakan. Ini dapat merusak kinerja aki.
  • Ketahui usia aki. Jika sudah lama, hal ini bisa menyebabkan aki menjadi tidak bisa digunakan lagi.

 

Selain hal tersebut di atas, jangan lupa juga cek tegangan aki dengan voltmeter. Jika tegangan berkurang, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih jauh.

 

Hal ini supaya masalah aki mobil dapat segera teratasi dan terhindar dari aki soak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.