Suplemen Daya Tahan Tubuh Anak

Buat Buah Hati Selalu Sehat dengan 5 Tips Alami Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ini, Yuk!

Daya tahan tubuh atau imunitas yang bekerja dengan baik akan mampu menjaga tubuh aman dari serangan penyakit, bakteri, maupun virus. Kalau sistem imun si kecil melemah, tentu ia akan jadi lebih rentan sakit dan terserang infeksi virus, kan? Tapi, sebelum Anda memberikan suplemen daya tahan tubuh anak, Anda juga perlu perhatikan pola, kebiasaan, serta menu makan si kecil, lho!

Mengapa? Karena sebenarnya ada banyak jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat dalam menunjang cara kerja sistem imun tubuh anak. Di samping itu, ketahanan sistem imun juga dipengaruhi oleh kebiasaan dan gaya hidup.

Lalu, apa saja cara yang bisa Anda coba agar daya tahan tubuh anak bekerja dengan optimal?

Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Nutrisi ini banyak ditemukan dalam kategori ikan tertentu, yaitu oily fish. Contohnya salmon, makarel, dan tuna segar. Selain itu, asam lemak omega-3 juga terkandung di dalam berbagai sayur, walnut, hazelnut, flaxseed, dan sayuran berdaun hijau. Di dalam tubuh, asam lemak omega-3 bisa bantu melawan infeksi penyebab sakit.

Tambah Jumlah Sayur dan Buah

Walaupun sayur dan buah pada dasarnya sama-sama sehat, ada beberapa jenis yang punya manfaat khusus berkaitan dengan daya tahan tubuh, seperti wortel, polong-polongan, jeruk, dan stroberi. Sebab, mereka mengandung karotenoid yang merupakan jenis phytonutrient penambah imunitas. Dengan begitu, tubuh bisa melawan infeksi serta menghalau serangan virus dengan lebih baik.

Ajarkan Anak untuk Tidur Cukup dan Teratur

Selain makanannya, pola tidur anak juga berpengaruh pada sistem imunnya. Masalah kesehatan karena kurang tidur tak hanya bisa dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Malah, efeknya bisa jadi lebih parah pada tubuh anak. Berapa jam anak tidur dalam sehari sangat bergantung pada usianya – 18 jam untuk bayi baru lahir, maksimal 13 jam untuk balita, dan maksimal 12 jam untuk anak usia sampai 12 tahun.

Berolahraga Bersama Anak

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga memberikan efek luar biasa positif pada daya tahan tubuh, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, Anda bisa ajak anak untuk berolahraga bersama setiap hari daripada hanya sekadar mengajak anak bermain. Apalagi, ada banyak jenis olahraga yang cocok untuk keluarga seperti jogging, bersepeda, main basket, dan hiking.

Berikan ASI untuk Bayi

Apabila kondisi memungkinkan, berikan ASI kepada anak jika ia masih bayi. Sebab, ASI mengandung berbagai antibody peningkat daya tahan tubuh serta melindungi bayi dari berbagai risiko penyakit, The American Academy of Pediatrics bahkan menganjurkan para ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama minimal 6 bulan pertama. Tapi jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda usahakan semampu yang Anda bisa saja.

Itu dia 5 cara alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil yang sehat dan alami. Selamat mencoba!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.