Ini Dia 4 Cara Transfer Uang Via HP Paling Mudah dan Praktis

Berkat adanya kemajuan teknologi, sekarang melakukan berbagai kegiatan menjadi lebih mudah. Termasuk juga untuk mengirimkan uang kepada pihak lainnya yang bisa hanya dengan satu genggaman saja, menggunakan aplikasi transfer uang yang bisa diakses dengan menggunakan handphone atau HP. Ada banyak cara transfer uang melalui HP yang bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Simak apa saja cara transfer uang menggunakan HP tersebut berikut ini.

  1. SMS Banking

Layanan yang disediakan oleh pihak bank agar bisa mempermudah nasabahnya untuk transfer uang yaitu melalui SMS Banking. Media yang digunakan yaitu hanya perlu untuk mengirimkan SMS melalui nomor yang sudah didaftarkan terlebih dahulu. Format pesan yang perlu dikirimkan biasanya tiap bank berbeda sehingga perlu disesuaikan dengan hal tersebut. Seperti SMS pada umumnya, diperlukan pulsa biasa untuk bisa menggunakan metode ini.

  1. Mobile Banking

Layanan kedua yang juga disediakan oleh bank agar bisa melayani para nasabah yang ingin mengirimkan uangnya dengan melalui transfer yaitu melalui Mobile Banking atau dikenal juga dengan nama e-banking, yang sudah lama ada. Nasabah yang menggunakan android maupun juga iOS serta memiliki koneksi internet yang stabil, dapat menggunakan layanan ini dengan mudah dari mana saja dan kapan saja saat membutuhkannya. Agar bisa menggunakan layanan ini, nasabah perlu menggunakan nomor HP yang sudah didaftarkan terlebih dulu  dan juga aplikasi resmi dari bank, yang bisa diunduh dari App Store maupun Play Store. Aplikasi ini relatif  lebih mudah untuk digunakan dibandingkan dengan SMS Banking.

  1. Internet Banking

Layanan selanjutnya yang tidak kalah mudahnya untuk digunakan yaitu dengan Internet Banking. Meski sama-sama menggunakan internet,  cara kerjanya sendiri berbeda dengan yang digunakan pada Mobile Banking karena tidak perlu untuk menggunakan nomor HP atau pun aplikasi. Nasabah dapat menggunakan internet banking dengan mengakses website internet banking miliki bank. Nasabah hanya perlu untuk membuat user ID, kata sandi, dan OTP yang nantinya dikirimkan pada HP sehingga bisa digunakan untuk transaksi. Melalui Internet Banking, para nasabah tidak hanya bisa untuk menggunakannya pada transfer saja, tetapi juga bisa mengecek sisa saldo hingga melakukan transaksi lainnya seperti membayar tagihan dan juga membeli pulsa dengan notifikasi transaksi dikirimkan melalui email penggunanya secara langsung.

  1. Aplikasi e-Wallet atau Dompet Digital

Cara ini merupakan cara yang dinilai lebih mudah digunakan untuk melakukan transfer uang, yaitu melalui aplikasi khusus e-wallet atau juga lebih dikenal dengan nama dompet digital. Banyak dari para pengguna yang lebih memilih untuk menggunakan dompet digital ini karena selain lebih mudah, cara penggunaannya juga cukup sederhana. Seluruh transaksi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja karena berjalan secara online serta  tidak perlu menggunakan kode bank dan hanya dengan nomor rekening tujuan saja.

Nah itu tadi beberapa cara mudah transfer uang yang bisa dilakukan melalu HP, mana yang sering Anda gunakan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.