asuransi mobil lengkap

Kurangi Resiko Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Tips Ini

Kecelakaan lalu lintas merupakan suatu kejadian yang tentu tidak diharapkan oleh semua pengemudi. Penyebab kecelakaan lalu lintas bukan hanya karena kelalaian pengemudi saja, namun juga dapat disebabkan oleh kelalaian pengendara lain. Masih banyak pengemudi yang tidak mengutamakan keselamatan dalam berkendara, padahal hal tersebut dapat membahayakan dirinya dan pengguna jalan lainnya. Salah satu hal untuk mengantisipasinya ialah dengan mempersiapkan asuransi mobil lengkap. Asuransi mobil dapat memberikan perlindungan mobil dari kecelakaan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan biaya perbaikan yang perlu dikeluarkan. Cara lain untuk mengungari resiko kecelakaan ialah mempersiapkan semuanya dengan baik.

 

Berikut tips untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas yang bisa Anda lakukan sebelum dan selama perjalanan.

 

  1. Cek Kondisi Kendaraan

Mengecek kendaraan secara berkala merupakan hal yang krusial. Sebab, bisa jadi adanya kerusakan pada mobil yang tidak Anda ketahui. Menjaga kesehatan kendaraan merupakan tanggung jawab bagi setiap pengendara. Bukan hanya menjaga performa kendaraan agar tetap baik, namun dapat menghindari pengemudi dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Periksakan kondisi kendaraan Anda ke bengkel terdekat, terlebih lagi jika ingin melakukan perjalanan jauh. Cek kondisi tekanan ban, jika tidak merata, akan membahayakan sebab bisa meledak jika mobil dikendarai dengan kecepatan tinggi. Cek juga keadaan rem, apakah masih layak digunakana ataukah harus sudah ganti dengan onderdil yang baru.

 

  1. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Banyak kasus kejadian kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh pengendara yang melanggar rambu lalu lintas. Rambu yang di pasang di jalan raya bukan hanya sebagai penghias jalanan, namun juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan. Jangan sampai nekat menerobos lampu merah, meskipun jalanan sepi. Begitupula pada saat akan menyebrang atau belok, jangan lupa memberikan tanda sein di kendaraan Anda, agar pengemudi lain mengetahui arah tujuan kendaraan Anda.

 

  1. Perhatikan Laju Kendaraan

Banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan berkendara dengan menyetir secara ngebut. Hal ini tentu saja dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara yang lain. Terlebih lagi jika menganggap jalanan sepi maka dengan bebas dapat mengebut demi mengejar waktu. Permenhub No 111 Tahun 2015 Pasal 3 menyatakan batas kecepatan di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam. Untuk jalan antarkota, batas paling tinggi adalah 80 km/jam. Sementara di kawasan perkotaan, batas kecepatan paling tinggi 50 km/jam, tetapi di kawasan permukiman batas paling tinggi hanya 30 km/jam.

 

  1. Jangan Bermain HP

Hal ini merupakan kejadian yang sering terjadi dan menyebabkan kecelakaan. Pada saat berkendara pastikan pikiran Anda fokus untuk memperhatikan jalan raya dan sekitarnya. Jangan sampai terdistraksi karena berkomunikasi serta memaikan hp, hal tersebut sangat berakibat fatal karena dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan maupun belakang Anda

 

  1. Gunakan Sabuk Pengaman

Jangan pernah sepelekan penggunaan sabuk pengaman di dalam mobil. Sabuk merupakan salah satu alat di dalam mobil yang dapat menyelamatkan nyawa. Jika terjadi kecelakaan, maka Anda akan terhindar dari benturan. Jangan menggunakan sabuk pengaman hanya karena takut pada polisi karena Anda yang seharusnya lebih peduli pada keselamatan Anda sendiri

 

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan guna menghindari resiko mengalami kecelakaan di jalan raya. Tetap waspada dan selalu berhati-hati saat bekendara agar selamat sampai tujuan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.