Pusing Cari Mobil Baru? Simak Tips Ini untuk Temukan yang Terbaik

Cari mobil baru menjadi pekerjaan yang bisa dibilang cukup sulit.  Semua orang punya pendapat atau nasihat tentang cara menemukan mobil terbaik dengan harga terendah. Anda bisa saja dibombardir dengan informasi sehingga proses pencarian mobil bisa menjadi penuh dengan keraguan.

Namun, jangan takut! Informasi untuk temukan mobil baru bisa menjadi jauh lebih mudah dikelola ketika Anda mau mencobanya. Lalu apa saja yang dibutuhkan ketika Anda sedang mencari sebuah mobil baru?

Tips Cari Mobil Baru

1. Rencanakan Pembiayaan Anda

Sudah memilih kendaraan yang diinginkan. Langkah apa selanjutnya? Kalau sudah, saatnya untuk menentukan hal lain,  tidak hanya anggaran dan apa yang Anda mampu, tetapi juga apa yang Anda perlukan, dan bagaimana, untuk mendapatkan pinjaman.

Mobil bisa menjadi salah satu pembelian besar yang akan Anda lakukan, dan Anda harus memahami aspek keuangan untuk membantu Anda menavigasi proses pembelian mobil dengan tepat.

2. Tetapkan Anggaran Anda

Sebagian besar analisis keuangan menyatakan bahwa orang yang ingin beli mobil harus menganggarkan sekitar 10-15 persen dari pendapatan bersih bulanan Anda (setelah pajak) untuk beli mobil.

Bagi sebagian orang, angka tersebut mungkin tampak seperti perkiraan yang rendah. Namun perlu diingat bahwa angka ini tidak memperhitungkan biaya asuransi, bahan bakar, dan perawatan.

Semakin kuat peringkat kredit Anda dan semakin besar uang muka Anda, semakin baik skenario penganggarannya. Hal ini berpotensi mengurangi lama pembayaran atau tenor Anda serta tingkat bunga pinjaman.

Menetapkan pengeluaran keuangan yang layak untuk pembelian mobil adalah titik awal yang penting. Sekarang Anda dapat menyesuaikan pencarian Anda dengan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

3. Tinjau Skor Kredit Anda

Semakin tinggi skor kredit Anda, semakin mudah untuk mendapatkan pinjaman mobil yang telah disetujui sebelumnya dengan tingkat bunga yang relatif rendah. Ingatlah hal ini sejak pertama kali Anda mempertimbangkan untuk membeli mobil baru karena Anda mungkin masih punya waktu untuk meningkatkan skor Anda sebelum mendapatkan pinjaman.

Membeli dengan uang tunai selalu lebih baik untuk menghindari membayar bunga pinjaman mobil, tetapi ini tidak realistis bagi kebanyakan orang. Perlu dicatat bahwa dealer sering bekerja dengan mitra pemberi pinjaman untuk menawarkan opsi pembayaran yang menarik dan suku bunga yang mungkin tidak tersedia untuk masyarakat umum.

Mempelajari sebanyak mungkin tentang berbagai pilihan pinjaman yang ada saat Anda mulai cari mobil adalah hal penting.

4. Temukan Mobil Terbaik untuk Anda

Pencarian mobil baru tidak boleh terburu-buru.  Perhatikan dengan cermat jenis kendaraan apa yang sesuai dengan situasi keluarga, lingkungan tempat tinggal, dan gaya hidup Anda secara umum. Sebuah SUV besar dianggap tidak perlu jika Anda biasanya mengemudi sendirian dan membutuhkan kendaraan sederhana untuk sampai ke kantor ota Anda.

Anda juga mungkin kesulitan untuk membuat keputusan antara dua atau lebih jenis mobil, apakah itu sedan, hatchback, SUV, truk, atau apa pun. Perbedaannya mungkin tidak kentara dalam beberapa perbandingan ini, tetapi detail yang lebih kecil inilah yang dapat berkontribusi pada pengalaman kepemilikan mobil yang jauh lebih menyenangkan.

Jika Anda sudah memiliki kendaraan yang ingin Anda kejar, hindari terikat secara emosional dengan kendaraan karena hal ini seringkali dapat berakhir ke dalam keputusan keuangan yang buruk.

Jika Anda tetap waspada dan mengembangkan pengetahuan mendalam tentang proses pembelian mobil, maka kemungkinan besar Anda bisa beli mobil yang andal dan menyenangkan dengan harga terjangkau.

Tidak mau ribet cari mobil baru? Unduh saja aplikasi SEVA! Ada fitur instant approvalnya yang membantu Anda sesuaikan anggaran. Aplikasi juga membantu Anda temukan mobil terbaik. Yuk, unduh SEVA!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.