Zainudin Amali Beberkan Alasan Berikan Rekomendasi Kepada Empat Atlet Jadi Warga Negara Indonesia

– Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali sempat membeberkan alasannya memberikan rekomendasi kepada empat atlet yang ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) atau naturalisasi. Empat pemain yang dimohonkan jadi Warga Negara Indonesia (WNI) yakni tiga dari cabang olahraga bola basket; Brandon Van Dorn Jawato, Lester Prosper, Kimberly Pierre Louis dan Marc Anthony Klok dari cabang olahraga sepakbola. Menurut Menpora, empat pemain tersebut secara kualitas mempunyai rekor yang baik sehingga secara urgensi juga bagus untuk memperkuat Timnas Basketdi mana Indonesia akan melakoni kejuaraan Asia 2021 dan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

Sedangkan, Marc Klok dibutuhkan untuk bisa meningkatkan prestasi Timnas sepakbola Indonesia di level senior. “Kebutuhan kami untuk naturalisasi karena di depan akan jadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket FIBA 2023 dan sebelumnya 2021 kami akan juga jadi tuan rumah kejuaraan basket Asia,” kata Menpora dalam rapat kerja bersama dengan Komisi III dan MenkumHAM, Senin (5/10/2020). “Terus terang kalau lihat kondisi sekarang ini memang kami sangat membutuhkan tambahan tenaga yang bisa memperkuat Timnas Basket, pengalaman terakhir pada saat mengikuti SEA Games Manila,begitu melawan dengan negara yang pemainnya boleh memiliki dua Kewarganegaraan kita jauh tertinggal,” jelasnya.

Saat memberikan rekomendasi Menpora mengaku tak sembarangan. Ia bersama dengan tim dari Kemenpora melihat data data dari tiga pemain yang akan dinaturalisasi. Setelah dianggap lengkap dirinya baru mengajukan ke Kementerian Hukum dan HAM dan hari ini dirapatkan dengan Komisi III DPR RI. “Berdasarkan penelusuran kami, maka yang bersangkutan kami anggap layak untuk kami memohonkan kewarganegaraanya untuk bisa perkuat Timnas Basket,” ujarnya.

Hal yang sama juga jadi alasan dirinya mengajukan Marc Klok untuk bisa menjadi WNI. Pemain asal Belanda itu diharapkannya bisa membantu Timnas Indonesia senior untuk bisa memperbaiki prestasi dan memperbaiki ranking FIFA Indonesia yang sekarang berada di peringkat 173. “Di samping itu kami juga masukan kewarganegaraan untuk pemain sepakbola Marc Klok yang sekarang main di Persija Jakarta,” kata Menpora.

“Kebutuhan kami untuk pemain sepakbola ini juga sangat penting karena kami akan memasuki ajang kejuaraan yang menentukan peringkat di FFA. Sekarang peringkat Indonesia ada di 173, nah ini tentu tidak mudah untuk memperbaiki itu, karena yang dihitung di tingkat senior,” jenisnya. Seperti diketahui, dalam rapat soal permohonan kewarganegaraan Indonesia bersama dengan Komisi III DPR RI dan Kemenkumham serta Kemenpora, keempat atlet tersebut mendapatkan persetujuan untuk menjadi WNI. Akan tetapi, dirinya masih harus mengikuti beberapa persyaratan lagi sebelum akhirnya resmi menjadi WNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.